Sejarah Tokoh-Tokoh Zaman Purba

klinikabar.com, Sejarah Tokoh-Tokoh Zaman Purba - Para pemimpin besar di zaman purba begitu sangat disegani, segala aturannya menjadi acuan bagi kelompok yang dipimpinnya, Tokoh-tokoh di zaman purba itu termasuk Kepala suku adalah pemimpin kelompok, pemimpin perang dan pemimpin dalam agama.

Tokoh-Tokoh Zaman Purba


Gambar Sejarah Tokoh-Tokoh Zaman Purba


Kepala Suku

Manusia adalah makhluk berakal budi, berkat akal budi tersebut ia lebih unggul daripada makhluk lain di bumi : tetumbuhan dan binatang  dimanfaatkannya untuk menciptakan hidup yang lebih nyaman. Manusia hidup dalam suku yang terbentuk dari kumpulan banyak keluarga agar mudah menangkis bahaya, suatu kelompok membutuhkan kepala suku yang tugasnya memimpin, memutuskan dan memberikan perintah. suku primitif pun mempunyai pemimpin bijaksana di desa.

Kepala Suku Menjadi Penguasa

Waktu berganti waktu, Kepala Suku yang paling ambisius berhasil menaklukkan suku-suku tetangganya, wibawanya menjadi sangat kuat hingga ia menjadi penguasa kawasan luas. Bila Kepala Suku meninggal, kekuasaan diwariskan kepada putra sulung atau orang kepercayaannya. Penguasa ini mempunyai kekuatan mutlak dan rakyat tidak dapat mempengaruhi keputusan yang diputuskan oleh Kepala Suku.

Perang

Sejarah dikelilingi dan diliputi oleh peperangan, perusakan dan pertempuran, Penguasa Zaman dahulu sangat sering berperang melawan tetangganya dan menindas pemberontak untuk menambah kekuasaannya. Ia harus memiliki memiliki tentara dan mampu memimpin tentara tersebut, serta ia harus mampu untuk memerintahkan jenderal-jenderal yang setia dan pemberani. Sering terjadi dalam sejarah : Bila seorang jendral menjadi berkuasa, dengan tentaranya ia menggulingkan raja dan merebut kekuasaan lewat kudeta, lalu menegakkan rezim militer.

Nabi

Tetapi tidak semua revolusi bermula seperti itu, kadang-kadang seseorang yang diutus Tuhan dan mengajarkan kebebasan serta keadilan dapat mendorong orang untuk memberontak melawan penindasan dan ketidakadilan, dan menggulingkan penguasa, Nabi, yaitu orang yang diutus Tuhan, memainkan peranan penting dalam sejarah dan mungkin lebih penting daripada peranan seorang raja, sebab bahkan sesudah Nabi tersebut wafat, ajarannya tetap mampu mengubah nasib berjuta-juta orang dan masih dianut sampai sekarang.

Hikmah Sejarah

Jika anda meneliti peristiwa-peristiwa sejarah, anda akan melihat : bila suatu bangsa telah mencapai puncak kekuasaannya, suka atau tidak suka, bangsa ini mulai merosot dan sering sekali ditaklukkannya. sejarah berulang kembali, satu-satunya hikmah yang dapat didapat adalah : segala sesuatu yang mempunyai awal akan berakhir juga.

Baca Juga Sejarah Farao Kheops Penguasa Mesir Kuno

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel