7 Cara Tetap Awet Muda Dan Sehat Di Usia Tua

klinikabar.com Cara Tetap Awet Muda Dan Sehat Di Usia TuaMasa muda dan kesehatan adalah seperti air. Keduanya dirindukan setelah nasi menjadi bubur. tidaklah pernah begitu haus seperti ketika tidak ada air; kita tidak pernah mengharapkan masa muda seperti masa itu telah berlalu.

Cara Tetap Awet Muda Dan Sehat Di Usia Tua

Sebab itu semua kita, orang-orang yang masih muda dan orang-orang masih merasa muda, harus memikirkan kepada kesehatan tubuh kita yang baik, pipi kita kemerah-merahan, mata yang bersinar serta langkah kaki yang tangkas sebagai karunia yang indah, yang harus dijaga dan dihargai dengan tinggi dan dipelihara sepanjang waktu.

Gambar 7 Cara Tetap Awet Muda Dan Sehat Di Usia Tua


Akan tetapi cara kehidupan pada waktunya kita ini tidaklah lagi baik untuk mempertahankan kesehatan di masa muda. Banyak diantara kita hidup dengan tergesa-gesa dan tertimbun oleh segunung pekerjaan dan banyak kecemasan. Karena bukanlah orang-orang yang masih muda masih sangat dibutuhkan oleh sebuah bangsa saat ini? Dunia kita sekarang ini adalah dunia orang-orang muda, yang mana banyak menempatkan orang-orang muda di posisi orang-orang yang sudah tua.

Kita letakkan kewajiban atas bahu yang masih muda. akibatnya adalah orang-orang muda banyak mengalami ketegangan saraf dan tubuh muda yang rapuh dan banyak membawa beban berat atas kehidupan Seorang diantara sepuluh orang dalam satu negara pasti mempunyai perut yang kurang sehat, pada umumnya mereka terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, sedangkan mereka baru berusia 30 atau 40 tahun.

Penyakit jantung makin lama semakin menyerang orang-orang yang lebih muda. gangguan saraf pun mengambil lebih banyak korban, hingga hampir separuh tempat tidur di banyak rumah sakit dipenuhi oleh orang-orang yang mengalami gangguan saraf.

Cara Memelihara Tubuh Dan Jiwa Kita Supaya Selalu Awet Muda

Bagaimanakah kita dapat menghindarkan tekanan atas pikiran yang selamanya menjadi beban dalam hidup di zaman sekarang ini, sedangkan kehidupan berjalan dengan sangat cepat? Bagaimana kita dapat makan pada waktu tertentu dan tepat waktu, makan makanan yang sehat serta tinggal ditempat yang tenang dan menjalani segalanya dengan sabar walau kehidupan penuh dengan ketegangan, kesulitan, dan kehidupan yang selalu sibuk dengan urusan dunia? sungguh itu tidak mudah.

Tetapi masing-masing tergantung pada diri kita, yang berusia dibawah 20 tahun sampai usia tua, harus melihat kepada kehidupan dan kesehatan sebagai satu karunia yang berharga dan itu tidak bisa digantikan dengan uang sebanyak apapun. Jika kita hanya memikirkan mencari uang dan membiarkan penyakit berada di dalam tubuh anda ketika masih muda, dan dapatkah kita memiliki usia yang panjang dan selalu awet muda jika melakukan hal seperti itu selamanya di dalam hidup?

Banyak diantara anak muda sekarang ini tidak mementingkan makanan, tidak belajar terlalu banyak dari pengalaman, mendapatkan waktu tidur yang tidak cukup, tidak jarang juga banyak anak muda sekarang yang menderita TBC karena pola hidup yang tidak baik, dan TBC adalah suatu penyakit yang mengambil banyak korban di antara orang berusia 20 sampai 40 tahun.

Kita sering melihat orang-orang yang sudah tua yang memiliki usia 80, 90, dan 100 tahun, dan orang tua inilah yang menghargai masa mudanya dan menjaga kesehatannya ketika mereka masih muda,  mereka yang mengambil hidup dengan perlahan (tidak tergesa-gesa), mereka yang menghargai kesehatannya sepanjang waktu. Dan hasilnya, mereka memiliki usia yang panjang dengan tenaga yang masih baik, mereka masih memiliki pandangan mata yang baik, mereka yang masih memiliki langkah kaki yang cekatan.

7 Tips Tetap Awet Muda Dan Sehat Di Usia Tua

1. Senangilah setiap hari pekerjaan anda, dan jalani dengan perasaan senang perjalanan hidup anda. Rahasia kebahagiaan bukanlah dalam melakukan apa yang kita suka, melainkan dalam menyukai apa yang harus kita kerjakan. ingatlah akan segala kehidupan yang ada disekeliling anda.

Berikanlah sedikit waktu anda untuk berbagi atau menolong orang lain, karena orang lain akan melakukan hal yang sama ketika anda berbuat kebaikan pada orang lain.

2. Tukar kerut di wajah yang ditimbulkan akibat kecemasan dengan senyuman yang manis dan indah, orang yang suka tertawa adalah orang yang jarang sekali menderita gangguan mental, jarang merasa kesepian, jarang menderita kesulitan tidur, bukankah ada pepatah mengatakan "tertawalah, maka seluruh dunia akan tertawa, dengan menangis maka kamu akan menangis sendirian".

Untuk persahabatan dan kegembiraan, maka tertawalah, jangan menerima terlalu banyak beban akan kehidupan. Pada akhirnya kita tidak tahu apa yang akan terjadi seratus tahun kemudian, pelihara wajah dan bibir anda dengan senyum gembira.

3. Ambil waktu untuk menjaga kesehatan, semakin cepat kehidupan berlari, maka semakin cepat kehidupan itu akan habis dan semakin cepat anda diantar orang ke liang kubur.

Apakah salahnya jika perjalanan hidup anda dibuat melambat? Ambilah waktu untuk menghisap hawa udara segar di dalam hutan atau di kebun, di pinggir laut, di pegunungan atau minimal di taman dekat rumah anda.

Ambilah sedikit waktu, untuk mengunjungi sahabat atau kerabat atau tetangga, karena kita tidak pernah tau kapan kerabat, tetangga atau sahabat kita akan pergi meninggalkan dunia termasuk anda sendiri.

4. Adakan gerak badan, makin ringan kaki, tubuh akan semakin tahan lama, berapa lamakah anda mengadakan gerak badan pada waktu pagi, berapa lama anda berjalan-jalan, berapa lama anda bermain-main di taman, dan berapa lama anda mengayuh sepeda?

Membaca surat kabar atau majalah memang sudah ada tempatnya, tapi anda harus mengambil waktu lebih banyak untuk menikmati alam dalam kehidupan anda. Pandanglah keindahan langit yang indah ketika matahari terbenam.

Anda tidak akan melihat pemandangan alam seindah itu ketika anda menonton Televisi atau komputer, tidak ada nyanyian yang paling merdu semerdu nyanyian burung, dan tidak ada warna yang lebih indah selain warna bunga-bunga yang mekar di taman.

Berjalan-jalan adalah gerak badan yang paling baik yang bisa kita lakukan. berjalan-jalan itu murah dan melatih banyak otot-otot besar yang tidak bisa bergerak ketika kita bekerja dengan duduk dikursi dengan komputer dihadapan anda.

5. Makanlah dengan perasaan senang dan gembira, orang-orang muda sekarang selalu tergoda untuk merusak selera makannya dengan menu makanan yang mengandung banyak gula, dengan mengkonsumsi banyak es krim, coklat, kue, minuman bersoda, karena itu adalah salah satu faktor yang dapat membunuh kesehatan tubuh kita.

Gigi yang berlubang, selera makan akan sayur dan buah yang sangat kurang, mengalami kekurangan darah yang berakibat mukanya penuh dengan jerawat dan ditambah lagi dengan banyak bisul kecil. Badan yang terlalu gemuk karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Disamping itu, karena terlalu banyak memakan makanan yang mengandung tinggi kalori di setiap hari, maka banyak dari orang muda yang penuh jerawat menjadi seorang yang sangat dewasa dengan tubuh seperti tong sehingga terlihat tua, padahal mereka berusia 20 tahun atau 30 tahun.

Kegemarannya pada makanan dan minuman manis terus saja berjalan sampai mereka tua, dimana ketika mereka tua, mereka tidak dapat membakar kalori dalam tubuhnya yang sudah terlanjur gemuk serta karena tidak ada tenaga yang dapat membuat ia bergerak lincah seperti waktu muda.

Jika anda ingin selalu terlihat manis seperti anak yang masih sekolah dan seperti anak muda yang riang gembira, makalah dengan bijaksana. Seperti mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, susu, telur dan zat protein yang lain.

Kurangi konsumsi gula, kue-kue, minuman bersoda, dan makanan tinggi kalori dan lemak, jika anda berhasil menghindari makanan itu, maka kulit anda akan menjadi halus, dan badan anda tetap langsing dengan wajah yang cerah. selain itu, anda pun akan bebas dari jerawat.

6. Tidur, tidur adalah satu cara yang memelihara wajah dan tubuh anda untuk selalu awet muda, meskipun seorang muda dapat kehilangan tidur beberapa malam lamanya, tetapi masih tetapi masih tetap ia masih bisa bergembira.

Tidak dapat disangkal lagi bahwa orang yang hidup paling lama dan akan kelihatan paling muda adalah orang yang memiliki waktu tidur 8-10 jam setiap harinya ketika mereka masih muda serta setelah mereka sudah tua.

Janganlah biarkan pesta-pesta, pertemuan-pertemuan, pelajaran membuat anda harus tidur sampai larut malam atau tengah malam. karena itu akan merampas kesehatan anda. Dan gunakan bantal yang empuk karena itu mempengaruhi posisi kepala anda.

7. Percayalah dengan Tuhan. tidak peduli kesulitan apa yang menimpa hidup anda, jangan biarkan kesulitan menghancurkan kehidupan, keceriaan, senyuman dan kesehatan anda. Buang segala kecemasan serta segala permasalahan ketika anda mengucapkan doa sebelum anda tidur.

Mintalah kepada Tuhan untuk memberikan kesehatan dan kejernihan hati, dan anda akan merasakan betapa anda merasa tenang, dan anda akan merasakan bahwa tidak ada lagi pikiran yang mengganggu, kecemasan yang menekan jiwa anda seperti beratnya jangkar.

Penutup

Jika anda ingin mendapatkan wajah yang awet muda setelah melampaui usia 40 tahun, haruslah kita mencampurkan kebahagiaan yang seimbang pada setiap keadaan hidup anda seperti yang telah disampaikan diatas. Itulah artikel tentang cara tetap awet muda dan sehat di usia tua.

Baca Juga Tips Tetap Awet Muda Dengan CAATS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel