Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobati Radang Amandel Parah

klinikabar.com, Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobati Radang Amandel Parah - Apa Itu Amandel Atau Tonsillitis? Amandel atau tonsil adalah dua massa jaringan kelenjar yang terletak satu pada masing-masing sisi tenggorokan. fungsinya adalah untuk menyerang dan merusak kuman apa pun yang memasuki mulut.

Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobati Radang Amandel Parah

Gambar Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobati Radang Amandel Parah

Amandel - Pada awal masa kanak-kanak, terutama dalam bulan pertama anak mulai sekolah, anak-anak menemukan banyak jenis infeksi, kebanyakan ditularkan melalui hidung dan mulut. Oleh karena itu, amandel ideal letaknya untuk membuat kuman-kuman ini tidak aktif sebelum merek dapat melewati lebih jauh menuruni saluran pernapasan dan menimbulkan infeksi serius seperti bronkitis atau Pneumonia. Untuk memenuhi fungsi perlindungan ini, amandel menjadi merah dan bengkak.

Anak-anak dalam kelompok usia ini cenderung sangat sering batuk dan pilek, dan bersama dengan amandel ini selalu terdapat serangan tonsilitis ringan, tetapi hal ini selalu disebabkan oleh amandel yang melakukan fungsi seperti yang diharapkan darinya. Keadaan ini tidak memerlukan pengobatan selain perawatan dengan kasih sayang dan penuh perhatian.

Tetapi serangan tonsilitis parah merupakan masalah yang berbeda. lalu bagaimana tanda dan gejala serangan tonsilitis parah atau tonsilitis akut?

Cara Mengobati Radang Amandel Parah

Tanda dan gejala radang amandel pada anak adalah Anak menderita demam, anak tidak ingin makan, dan anak terlihat sakit dan menderita pembengkakan kelenjar getah bening di lehernya. Anak itu juga merasa benar-benar tidak nyaman dengan suhu badan yang meningkat sehingga dia terlihat tidak sehat.

Anak juga akan mengeluh sakit perut karena infeksi ini bersifat menyeluruh pada seluruh badannya serta pada jaringan di dalam perutnya yang bisa dilihat dari warna merah dan bengkak pada tenggorokan anak tersebut, bila keadaan ini terjadi, maka segera anda harus menghubungi dokter.

Cara Mengobati Tonsilitis Parah Atau Amandel Akut

Pada umumnya dokter akan meresepkan antibiotik untuk serangan tonsilitis akut, walaupun infeksi ini disebabkan oleh virus, bakteri bisa juga berperan dan antibiotik bekerja terhadap agen infeksi ini.

Bersama dengan pengobatan ini, diberikan banyak cairan pada anak anda, bisa berupa air mineral atau jus, serta diberikan parasetamol atau aspirin junior dalam dosis yang dianjurkan oleh dokter, tentu saja sesuai dengan usia dan berat badannya.

Ingat, anda harus tetap menjaga anak yang menderita tonsilitis akut atau radang amandel parah untuk tetap merasa sejuk, karena ketika tonsilitis yang diderita anak adalah parah, maka anak akan menderita demam sehingga tidak perlu ruangan yang dipanaskan berlebihan atau lapisan pakaian tambahan untuk menjaganya tetap hangat.

Sementara pada usia balita, terutama yang pernah mengalami suatu demam tinggi masih dapat membuat anak menjadi lebih buruk dari yang ia inginkan.

Setelah beberapa hari pengobatan, anak akan kembali pulih kesehatannya, tetapi pastikan bahwa ia telah menyelesaikan keseluruhan rangkaian pengobatan dan mengkonsumsi antibiotik yang sudah diresepkan untuk anak tersebut.

Apakah Diperlukan Tonsilektomi (Pembuangan Amandel)

Pada kebanyakan kasus pertanyaan ini dijawab "tidak", banyak ahli bedah tidak suka membuang amandel pada anak dibawah usia 7 tahun karena pada usia ini sering amandel menjadi lebih kecil dan bagaimanapun tidak terlalu cenderung mengalami serangan peradangan, dengan arti lain, telah didapat kekebalan pada anak terhadap banyak infeksi lazim lainnya darn amandel telah melakukan apa fungsinya.

Tetapi, pada beberapa anak, tonsil menjadi terinfeksi menahun, mungkin juga sering disertai serangan otitis media dan bisa menyebabkan ketulian juga. Pada keadaan ini, harus diminta pertolongan dokter THT, dokter akan merujuk anda kesalah satu rumah sakit THT di daerah anda.

Tonsilitis dapat menjadi gangguan berulang dalam kelompok usia lima sampai tujuh tahun, tetapi pada kebanyakan anak, hal ini akan terlewatkan dalam waktu satu atau dua tahun. Dan ingat! pada waktu anda mengobati anak yang terserang tonsilitis ini sebaiknya segera ditangani dengan cepat, karena penyakit ini dapat menjadi lebih buruk, tanpa perlindungan dari amandel dan anak bisa menderita bronkitis.