Mata Juling : Penyebab Juling Dan Cara Mengobati Mata Juling Pada Anak

klinikabar.com, Penyebab Juling Dan Cara Mengobati Mata Juling Pada Anak - Semua bayi yang baru lahir mengalami juling, ini terjadi karena penglihatan pada bayi belum sempurna sampai bayi berusia sekitar tiga bulan. walaupun di sekitar empat sampai enam minggu bayi mampu memfokuskan matanya pada objek tertentu untuk waktu singkat.

Mata Juling Pada Anak


Gambar Mata Juling : Penyebab Juling Dan Cara Mengobati Mata Juling Pada Anak


Mata juling pada anak - Sebelum waktu itu mereka mungkin hanya sanggup membedakan terang dan gelap, serta bayangan bergerak yang samar-samar, sehingga karena tarikan otot  mata, pada waktu istirahat sering mata bayi tidak sejajar. Tetapi jika bayi masih mengalami mata juling setelah usia enam bulan, maka harus diperiksa pada ahli mata. pemeriksaan perkembangan secara teratur pada semua bayi yang dilakukan dokter akan menjelaskan masalah ini jika anda sendiri belum memperhatikan juling ini. Tetapi karena ada kecenderungan anggota keluarga yang mengalami mata juling yang sama dalam setiap generasi berurutan. maka biasanya ibu pertama melihat juling pada bayinya.

Penyebab Mata Juling Pada Bayi

Biasanya juling disebabkan oleh ketidakseimbangan pada otot kecil yang mengontrol pergerakan mata, satu kelompok otot menarik mata dengan kuat dalam satu arah sehingga timbul "putaran" dalam satu mata tersebut. Penyebab utama lain bagi juling yaitu mata jauh atau mata dekat, tetapi ini lebih mungkin menjadi nyata disekitar usia dua sampai tiga tahun pada saat mata anak mendapat variasi penggunaan yang luas dan ia perlu menyesuaikan fokusnya untuk penglihatan dekat dan penglihatan jauh.

Disini satu mata akan memutar kearah dalam pada saat anak berusaha memfokuskan pada suatu objek tertentu, anda juga bisa melihat bahwa ia akan menutup satu mata dengan tangannya dalam usaha mendapatkan bayangan visual yang jelas. Terkadang terdapat juling berganti-ganti- yaitu mula-mula dengan menggunakan satu mata dan kemudian berganti dengan mata yang lainnya, bayi tidak sanggup menggunakan kedua matanya bersama-sama, jenis juling ini perlu diobati secepat mungkin untuk mencegah timbulnya bentuk juling satu sisi yang lebih biasa terjadi.

Sesungguhnya di samping efeknya atas tampilan juling perlu diobati secepatnya karena dengan adanya mata yang juling, maka otak anak akan menerima bayangan ganda dunia di sekelilingnya dan otak akan menekan salah satu bayangan ini untuk mencegah kebingungan pada anak tersebut. Tetapi dalam beberapa bulan berikutnya, mata yang bayangannya ditekan menjadi kurang efisien, kemudian jika tidak dilakukan pengobatan maka semua kemampuan untuk melihat akan hilang.

Pemeriksaan Mata Juling

terdapat dua tes permulaan dilakukan untuk menentukan apakah seorang bayi menderita juling atau tidak :

1. Menyorotkan sinar ke mata bayi, cahaya akan dipantulkan secara sama dalam setiap pupil pada mata normal yang "lurus". Tetapi pada mata juling, cahaya terlihat diluar pusat pada satu mata dibandingkan dengan mata yang lainnya.

2. Satu mata ditutup dengan tangan dokter, sementara bayi melihat ke arah dokter, jika ada juling maka pada saat tangan dokter diangkat, mata ini akan bergerak.

Pengobatan Mata Juling

Dalam masa awal kehidupan, mungkin tidak diperlukan pengobatan, tetapi seorang ahli bedah mata perlu memeriksa bayi tersebut secara teratur, kira-kira sebulan sekali. kemudian pengobatan dapat dimulai pada tahap yang pantas. 

Pengobatan ini terdiri dari penutupan mata mata yang tidak juling sehingga mata juling dipaksa untuk digunakan melihat. Kecenderungan apa pun bagi penglihatan dekat atau penglihatan jauh diatasi dengan memberikan kaca mata. Setelah anak beranjak dewasa dan dapat diajak bekerja sama, maka diberikan latihan mata untuk memperkuat otot mata. Jika juling sangat jelas, dapat dilakukan operasi untuk mengubah otot yang "menarik" mata dengan kuat. tetapi biasanya operasi mata jarang dilakukan.

Tanda Dan Bahaya Palsu Mata Juling

Tidak jarang bayi tampak juling sebenarnya mempunyai mata yang normal. hal ini karena lipatan kulit ( lipatan epikantus) sedikit lebih lebar dari normal pada sudut dalam mata. Jika lipatan ini ada pada saat dilakukan pemeriksaan untuk mata juling. Maka juling akan ditemukan sebagai ilusi optik. lipatan epikantus yang lebar cenderung ditemukan dalam keluarga.

Penutup

Juling perlu didiagnosis secara dini dan diobati dengan tepat untuk menjamin penglihatan yang baik pada kedua mata seumur hidup. sehingga jangan menunda pemeriksaan ke dokter jika anda mencurigai pada bayi anda menderita juling.

Baca Juga Cara Mengobati Miopi Pada Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel