Penyebab Dan Cara Mengobati Konjungtivitis Atau Mata Lengket

klinikabar.com Penyebab Konjungtivitis Dan Mata Lengket - Konjungtivitis merupakan lapisan jaringan halus yang melapisi mata. Pada usia kapan pun, infeksi dapat menyebabkan jaringan ini menjadi merah dan sakit serta bayi berusia beberapa hari pun dapat menderita keadaan ini, bayi dengan keadaan ini harus diobati dengan baik tanpa menunda-nunda lagi, bayi yang bertubuh kecil dapat menderita mata "lengket", yang pada penglihatan pertama mungkin seperti konjungtivitis.

Penyebab Dan Cara Mengobati Konjungtivitis Atau Mata Lengket


Gambar Penyebab Dan Cara Mengobati Konjungtivitis Atau Mata Lengket


Konjungtivitis sebenarnya infeksi, sedangkan mata lengket disebabkan oleh cairan, misalnya darah yang mengiritasi mata selama proses persalinan. akibatnya bayi menderita mata "lengket" terutama selama beberapa hari pertama dalam kehidupan bayi. Yang bertubuh kecil dengan mata lengket menetap harus menjalani pengambilan penghapusan (swab) oleh dokter untuk memastikan tidak ada infeksi.

Cara Mengobati Konjungtivitis

Dalam mengobati Konjungtivitis atau mata lengket, Dokter akan memeriksa mata dengan teliti untuk memastikan bahwa bintik debu atau sejumlah benda asing lainnya tidak mengiritasi mata. jika semuanya selesai , akan diberikan salep atau obat tetes antibiotik untuk mengatasi infeksi dengan cepat.

Cara Mengobati Mata "lengket"

Jika jelas tidak disebabkan oleh infeksi, hanya diperlukan pengobatan sederhana, yaitu dengan cara, mata harus dibersihkan secara teratur dengan air hangat sewaktu bayi dalam keadaan terjaga. hapus kapas wol yang dicelupkan kedalam air hangat yang tidak panas, harus disapukan dengan hati-hati dari sudut dalam mata ke sudut luar.

Pembersihan harus dilakukan dengan cara tersebut supaya mata yang lain tidak terpengaruh dengan sekresi ini, juga ketika akan ditidurkan bayi harus dibaringkan dengan mata "lengket" dibuat miring dengan seprai, sehingga sekresi dari mata yang terganggu tidak mengalir ke dalam mata yang sehat.

Banyak dari mata "lengket" akan bersih dalam beberapa hari dengan pengobatan sederhana ini, tetapi terkadang keadaan ini dapat kambuh dan diperlukan pengobatan yang berulang.

Jika terjadi mata lengket atau konjungtivitis yang kambuh dan mata bayi selalu berair, mungkin keadaan ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran air mata. Dari usia sekitar enam minggu, air mata dihasilkan di dalam kelenjar air mata tepat diatas mata. normalnya sekresi ini dibuang melalui saluran air mata kedalam punggung hidung, tetapi pada beberapa bayi, saluran ini tersumbat sekret. Kemudian air mata melimpah pada pipi hingga kelopak mata mungkin melekat satu sama lain pada saat bayi tertidur.

Pada kebanyakan kasus hanya diperlukan pembersihan dengan air hangat seperti yang sudah diuraikan diatas, tetapi dengan perkembangan saluran air mata bayi, air mata dapat dikeluarkan dengan cara normal. Sangat jarang diperlukan pengobatan yang lebih khusus untuk membersihkan saluran ini, tetapi dokter akan melakukan tindakan yang diperlukan.

Penutup

Konjungtivitis perlu segera dikenali dengan diobati untuk melindungi penglihatan bayi, oleh karena itu, anda perlu menghubungi dokter secepatnya jika mata bayi anda selalu melekat satu sama lain sewaktu ia tidak dalam keadaan tertidur, terutama jika bagian putih matanya menjadi merah dan meradang. Jika penyebabnya konjungtivitis, dapat diberikan pengobatan dengan segera. jika tidak, anda boleh merasa tenang.

Baca Juga Manfaat Dan Cara Tes Buta Warna

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel