4 Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Dalam Ruangan

klinikabar.com, Olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan - Melakukan olahraga agar badan sehat bukan berarti anda harus langsung daftar tim basket nasional atau pergi ke sports center untuk fitness, anda bisa melakukan olahraga sendiri di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, sebelum melakukan olahraga, silahkan anda siapkan musik dan simak manfaat olahraga berikut ini :

Jenis  Olahraga Dalam Ruangan


Gambar 4 Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Olahraga Dalam ruangan memiliki berbagai macam dan jenis serta memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, jika anda tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga di luar ruangan atau indoor, maka tidak ada salahnya anda melakukan olahraga di dalam rumah, dan inilah jenis olahraga yang dilakukan dalam ruangan.

1. Tae Bo

Tae Bo merupakan gabungan dari gerakan olahraga bela di (material arts), dance, stretching dan tinju, plus musik yang membuat anda semangat. Tae Bo diciptakan oleh Billy Blanks, seorang atlit Tae Kwon Do, Tae Bo meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kelenturan tubuh, serta menguatkan otot, terutama daerah sekitar perut. Tae Bo bukan olahraga bela diri, karena tidak menggunakan lawan, selain efektif membakar lemak dan kalori, Tae Bo juga membuat seluruh bagian tubuh anda aktif bergerak.

2. Aerobic

Aerobic Aerobic berarti oksigen, jadi senam aerobic adalah senam yang gerakannya memacu kerja jantung, paru-paru dan pembuluh darah, sehingga senam aerobic dapat melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Senam aerobic dimulai dengan pemanasan supaya tubuh anda siap untuk melakukan latihan dan diakhiri dengan pendinginan untuk menurunkan kecepatan denyut jantung, untuk lebih semangat, disarankan anda memilih musik yang anda suka, untuk mendukung anda melakukan senam aerobic, misalnya musik Hip Hop atau Musik R&B atau musik disko.

3. Yoga

Dalam bahasa Sansekerta, yoga berarti kesatuan, yoga merupakan kesatuan tubuh, pikiran dan jiwa. ada 5 elemen penting dalam yoga : pernapasan, postur tubuh, relaksasi, makanan yang sehat dan positive thinking serta meditasi. Selain meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh, yoga juga dapat menghilangkan stres dan bisa membantu menyembuhkan penyakit.

4. Pilates

Pilates adalah latihan yang tujuannya adalah meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan seluruh bagian tubuh tanpa membuat tubuh menjadi besar dan berotot. Latihan ini menggunakan alat khusus yang memfokuskan pada kekuatan perut, punggung dan bokong. pilates juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan pikiran.

5. Body Language

Body language adalah senam untuk membentuk bagian tubuh tertentu dan mendapatkan sikap tubuh yang baik, gerakan dasar senam ini adalah stretching, serta kontraksi dan pernapasan. Karena fokusnya adalah pembentukan bagian tubuh, senam ini kurang sesuai untuk remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, jika anda ingin melakukan senam body language ini, sebaiknya tunggu hingga tubuh anda selesai berkembang.

Tips Sebelum Melakukan Olahraga :

1. Pilih baju yang nyaman dan simpel, gunakan kaos yang dapat menyerap keringat, serta gunakan bra dan sepatu khusus untuk olahraga.

2. Untuk melakukan latihan, anda perlu tenaga, jadi makan makanan yang cukup sebelum anda melakukan latihan, pilih makanan yang mengandung karbohidrat supaya mudah dicerna.

3. Minum air putih sebelum dan setelah melakukan olahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama anda melakukan olahraga.

4. Mulai olahraga dengan pemanasan agar tubuh anda siap melakukan olahraga dan untuk mengurangi cedera.

5. Lakukan latihan perlahan-lahan sesuai keinginan dan kemampuan anda, jangan pernah memaksakan diri anda untuk melakukan olahraga yang tidak anda suka karena bisa mengakibatkan cedera, lakukan latihan tiga kali dalam seminggu.

6. Lakukan latihan dibawah pengawasan instruktur atau paling tidak baca buku panduan atau dengan melihat video tutorial.

7. Akhiri latihan dengan pendinginan dan stretching selama 0-5 menit supaya otot anda bisa rileks setelah bekerja keras.

8. Beri waktu untuk melihat efek latihan untuk tubuh anda, karena ini bukan suatu yang instan, jadi tunggu hasilnya setelah beberapa minggu.

Penutup 

Olahraga memiliki manfaat yang banyak dan baik untuk tubuh, diantaranya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh, dan tubuh menjadi lebih banyak kalori yang bisa dibakar setiap hari, meningkatkan ketahanan tubuh dan memberi energi ekstra supaya tubuh anda tidak mudah lelah, menguatkan otot dan mempertahankan bentuk otot, membantu menurunkan berat badan dan bisa membentuk tubuh, mencegah dan menghilangkan stres. Itulah artikel tentang 4 Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Dalam Ruangan.

Baca Juga Manfaat Seks Setelah Olahraga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel