Cara Menjaga Badan Bugar Di Usia 20-30, 40 Dan 50 Tahun

klinikabar.com, Cara Menjaga Badan Bugar Di Usia 20-30, 40 Dan 50 Tahun - Di usia yang sudah tidak muda lagi, kita perlu menjaga agar tubuh kita selalu bugar dan sehat, karena usia 20,30,40 dan 50 tahun adalah usia dimana rawan akan segala penyakit yang mengincar kesehatan tubuh kita.

Cara Menjaga Badan Bugar Di Usia 20 Tahun Keatas

Menjaga badan bugar selalu di usia yang sudah tidak muda lagi, adalah bukan hal yang mudah, karena di zaman sekarang bermacam-macam penyakit timbul dan berbagai macam cara orang-orang melakukan untuk selalu terlihat muda dan bugar di usia 20,30,40 dan 50 tahun.


Gambar Cara Menjaga Badan Bugar Di Usia 20-30, 40 Dan 50 Tahun

Cara Mudah Menjaga Badan Bugar Di Usia 20-an

Ketika di usia 20-an, semangat dan emosi anda sedang berada di puncak kejayaan, siasati tingkat testosteron yang tinggi untuk meningkatkan massa otot tubuh anda, tidak ada waktu yang tepat selain melakukannya sekarang untuk membangun jaringan otot, bukan hanya memperbesar ukurannya, tetapi juga meningkatkan fungsi lapisan serat.

Maksimalkan olahraga hingga lima kali seminggu, terutama olahraga yang bersifat kompetitif seperti sepakbola atau basket. Selain itu, tubuh di usia 20-an juga membutuhkan latihan-latihan fisik yang keras, karena pada usia ini, tubuh anda tidak hanya mampu melakukannya, namun juga membutuhkannya.

4 Tips Mudah Menjaga Tubuh Bugar Di Usia 30-an

1. Oke, anda berada di "puncak" sekarang, daya tahan tubuh anda sebenarnya bisa semakin baik pada usia 30-an, dan ini merupakan saat yang tepat untuk mengurangi lemak tubuh. Atur jadwal latihan sehingga anda bisa memenuhi bentuk tubuh yang dikehendaki.

2. Lakukan latihan kardiovaskular empat kali dalam seminggu, dua diantaranya dengan kecepatan konstan seperti berlari atau bersepeda, sementara dua latihan lainnya berdasarkan pola interval. Contohnya berlari menaiki bukit atau berenang dengan kecepatan yang variatif.

3. Pastikan anda punya cara untuk menjaga sifat kompetitif yang memacu adrenalin dan kadar testosteron anda, coba pertimbangkan untuk ikut lomba triathlon atau semi marathon, anda juga perlu lebih giat melatih otot. Kadar testosteron mungkin mulai menurun, tapi tidak banyak, jadi pastikan anda memberi tekanan positif pada serat otot.

4. Jadwalkan untuk berlatih menggunakan beban berat setidaknya satu kali dalam seminggu, dan latihan level menengah menuju berat minimal dua kali dalam satu minggu, jangan sampai melupakan tahap peregangan, ini harus sering dipraktekkan, ketika usia bertambah tua, punggung anda berada dalam bahaya. Peregangan yang baik dan teratur dapat mengurangi ancaman sakit punggung, luangkan waktu sekitar 8-10 menit saat melakukan stretching, setiap selesai satu sesi latihan, dan tidak ada kecuali untuk hal ini.

Cara Mudah Menjaga Tubuh Bugar Di Usia 40-an

Di usia 40-an, memang wajar untuk memulai mengurangi intensitas olahraga anda, mengingat resiko mengalami cedera semakin besar, belum lagi proses pemulihan yang akan menghabiskan waktu lebih banyak daripada saat anda berada di usia 20 dan 30-an.

Namun menghilangkan aktivitas olahraga sama sekali juga tidak bijak, karena akan menurunkan tingkat elastisitas dan vitalitas tubuh secara drastis, sehingga risiko terjadinya gangguan pada kekuatan dan struktur tulang juga terbuka lebar.

Cobalah untuk tetap menjalani beberapa aktivitas fisik seperti bermain olahraga permainan raket, seperti : badminton, tenis, atau squash. Jenis olahraga ini bisa mengasah kebugaran dan menjaga vitalitas, respon, dan koordinasi antar organ tubuh tetap normal dan seimbang.

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan adalah jenis simulasi pertarungan seperti tinju, kickboxing, atau olahraga beladiri lainnya, sifat agresif yang kental dalam jenis olahraga itu akan memicu kadar testosteron, anda juga bisa bisa tetap melakukan olahraga fisik dengan angkat beban, antara dua sampai tiga kali dalam seminggu, dengan beban tidak terlalu berat dan lakukan dengan waktu 12-15 repetisi.

Cara Mudah Menjaga Tubuh Bugar Di Usia 50-an

Riset terbaru menyatakan, berlatih kebugaran secara rutin pada rentang usia ini tetap diperlukan, bahkan setara dengan menyingkirkan kebiasaan merokok selama 10 hari, anda dapat mengontrol level testosteron, kadar gula dalam darah, dan tekanan darah hanya dengan berlatih 3-4 hari dalam seminggu selama 30 menit, anda mungkin tidak akan sekuat saat usia 20-an, maka fokus melatih ketahanan otot dengan repetisi 12-20 dan memaksimalkan penggunaan alat yang membuat maksimal berat tubuh, bukan berat badan.

Penutup

Di usia 20 ke atas yang termasuk usian yang sudah harus waspada akan kesehatan tubuh kita, tidak ada salahnya kita untuk mengikuti kiat-kiat diatas, jika anda selalu mengikuti saran yang telah dibahas di atas, maka anda akan selalu memiliki badan yang bugar dan sehat di usia yang tidak muda lagi. Itulah artikel tentang cara menjaga badan bugar di usia 20 tahun ke atas.

Baca Juga 3 Pembunuh Kesehatan Yang Ada di Rumah Kita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel